Rabu, 16 Januari 2013

Panduan sederhana laporan Billing dan AR Rumah Sakit


TOPIK-TOPIK PENJELASAN DEPARTEMEN BILLING DAN AR untuk RUMAH SAKIT

I. KETENAGAAN
(Analisa sumber daya manusia dalam pencapaian target kerja dan menunjang visi misi rumah sakit)
  TOPIK POKOK PENYAMPAIAN
  Sub. Dept Billing dan AR:
  1. Jumlah tenaga kerja yang keluar dan masuk pada tahun2012 
  2. Jumlah tenaga kerja yang ada sekarang 
  3. Kemungkinan kebutuhan tenaga di tahun 2013 dengan memperhatikan efektifitas pencapaian dan efesiensi biaya. 
  4. (ditambahkan topik-topik pembahasan lain yang dianggap penting oleh masing-masing sub departemen )

II. EVALUASI PROSES dan OPERASIONAL

(Ukuran kuantitatif yang dijabarkan secara deskriptif atas pencapaian dan kondisi yang telah dilalui pada periode penagihan dan pelayanan rumah sakit sebelumnya)
  TOPIK POKOK PENYAMPAIAN:
  Untuk Sub Dept. AR:
  1. Jumlah berkas (INV) yang masuk ke AR dari tahun 2012 dengan nominal
  2. Jumlah berkas (INV) tahun 2012 yang sudah ditagihkan dan nominalnya
  3. Jumlah piutang yang timbul sampai dengan tahun Desember 2012 atas piutang umum dan kontraktor dan penjelasan klasifikasi dari masing-masing piutang tersebut
  4. Jumlah kasus penolakan pembayaran tagihan oleh perusahaan penjamin/ asuransi dan nominalnya, serta alasannya
  5. (ditambahkan topik-topik pembahasan lain yang dianggap penting oleh masing-masing sub departemen ) 
TOPIK POKOK PENYAMPAIAN
Untuk Sub Dept. Billing:
  1. Jumlah rekening tagihan yang dikeluarkan oleh billing rawat jalan dan rawat inap selama tahun 2012 dan jumlah nominalnya 
  2. Jumlah komplain dan kategorinya yang timbul selama 2012 
  3. Kasus pasien yang masih menggantung pada tahun 2012 
  4. Alur pelayanan Billing yang dikira perlu diperbaiki 
  5. (ditambahkan topik-topik pembahasan lain yang dianggap penting oleh masing-masing sub departemen )


III. PERUMUSAN STRATEGI
Untuk sub. Dept Billing dan AR
1. Alternatif strategi OS ( menyikapi peluang dengan kekuatan)
Bagaimana masing-masing asisten manager mengetahui KEKUATAN/ STREGHTS yang dimiliki dan meraih PELUANG/ OPPORTUNITIES yang ada di masa yang akan datang agar organisasi yang dipimpin dapat berkembang

2. Alternatif strategi O W ( menyikapi peluang dengan kelemahan)
Bagaimana masing-masing asisten manager mengetahui KELEMAHAN/ WEAKNESSES intern dan dengan kehati-hatian meraih PELUANG/ OPPORTUNITIES yang ada di masa yang akan datang agar organisasi yang dipimpin dapat berkembang

3. Alternatif strategi T S ( mengahadapi ancaman dengan kekuatan internal)
Bagaimana masing-masing asisten manager mengenal, paham serta dapat mengatasi ANCAMAN/ THREATS dari luar yang dapat memberikan pengaruh negatif dalam pencapaian rencana kerja dan target dengan menggunakan KEKUATAN/ STREGHTS yang ada.

4. Alternatif strategi TW ( Mengahadapi ancaman dengan kelemahan intern)
Bagaimana masing-masing asisten manager menyadari dan mengahadapi akan bahaya ANCAMAN/ THREATS dari luar dan dimana masih ada KELEMAHAN/ WEAKNESSES di intern yang harus segera dibenahi


(BANTUAN PETUNJUK PEMBUATANPERUMUSAN STRATEGI

1.Identifikasi Proses dan Bentuk
Masing-masing asisten manager mengetahui proses yang berjalan dan melakukan interview dengan supervisor/ koordinator dan atau staff yang dianggap kompeten untuk memberikan kontribusi informasi.

2.Membuat S W O T dengan rinci (seperti yang pernah dipelajari dahulu)

3.Melakukan pengujian S W O T dengan aktual, untuk mencegah asumsi mendominasi fakta

4.Melakukan korelasi masing masing poin pada O dengan S, O dengan W, T dengan W, T dengan S 



IV. RENCANA KERJA DAN PENYAMPAIAN
YANG PERLU DIPERHATIKAN:
1.Setiap rencana kerja/ pencapaian harus jelas, subjek pekerja, objek yang akan dilakukan dan waktu

2.Setiap rencana kerja/ pencapaian adalah kegiatan yang dapat dievaluasi/ disebutkan secara kuantitatif atau kualitatif bukan persepsi

3.Setiap rencana kerja/ pencapaian adalah nilai/ perolehan rata-rata optimistis dan keadaan sekarang, bukan impian kosong belaka

4.Rencana pencapaian yang ditetapkan adalah data/ angka dimana bila tidak dapat diraih dapat dijelaskan/ dipertanggung-jawabkan secara rasional dan bila melebihi rencana dapat di jelaskan secara rasional

Makna yang terkandung dalam membuat rencana kerja masing-masing asisten manager:

1.Mendukung pencapaian Visi dan Misi Rumah Sakit
2.Fokus kepada efektifitas kerja dan efisiensi sumber daya
3.Pengembangan organisasi billing & AR
4.Prestasi dan pembelajaran Mendukung peraturan dan disiplin rumah sakit

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar